Solidaritas Terhadap AMT SBTPI - KPBI

emperankanmpus.blogspot.com
Gugat Negara, Selamatkan BUMN !! Sebagai BUMN besar, PT Pertamina rupanya tidak menunjukan sikap sebagaimana seharusnya sebuah Badan Usaha Milik Negara terhadap para pekerja yang telah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan tersebut.

Tidak kurang 1095 Awak Mobil Tanki Pertamina yang telah di PHK semenjak bulan Juni hingga sekarang, yang tersebar di seluruh Depo Pertamina di seluruh Indonesia. Depo Pertamina Plumpang-Jakarta telah mem PHK kurang lebih 725 orang, Depo Pertamina Banyuwangi-Jawa Timur telah mem PHK kurang lebih 120 orang. Depo Ujungberung-Jawa Barat mem PHK 65 orang. Demikian juga dengan Depo Pertamina Lampung yang telah mem PHK kurang lebih 70 orang. Sementara di Depo Tegal-Jawa Tengah ada 3 orang yang di PHK, dan Depo Makassar ada 4 orang.

Semuanya di PHK, setelah sebelumnya Awak Mobil Tanki ini melakukan aksi protes terkait pelanggaran-pelanggaran aturan hukum yang dilakukan oleh Pertamina, di antaranya adalah mengenai status kerja—yang seharusnya AMT adalah buruh dengan status buruh tetap, namun selama belasan tahun, statusnya adalah buruh outsourcing. Juga soal jam kerja, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja yang penuh dengan pelanggaran, yang telah mengakibatkan banyaknya AMT yang mengalami kecelakaan kerja—bahkan hingga meninggal dunia, termasuk juga pengguna jalan lainnya.

Dan sampai saat ini, pihak Pertamina terus mengabaikan hak-hak pekerjanya, termasuk Pemerintah yang juga terkesan membiarkan pelanggaran yang dilakukan salah satu BUMN terbesar ini.

Oleh karena itu, untuk memperjuangkan hak-hak pekerja, baik yang sudah di PHK, maupun yang masih bekerja, juga secara umum memperjuangkan nasib buruh-buruh di seluruh BUMN, Awak Mobil Tanki Pertamina akan melakukan Aksi Long March Zombie Bandung-Jakarta, sejauh 163 Km.
Perjuangan kawan-kawan Crew AMT PT. Pertamina Patra Niaga yang telah berlangsung berbulan-bulan tersebut, memuat beberapa tuntutan. Tuntutan Perjuangan Pekerja AMT PT. Pertamina Patra Niaga, antara lain:

1. Hapus System Kerja Kontrak dan Outsourcing
2. Batalkan PHK dan Angkat seluruh Crew AMT PT. Pertamina Menjadi Buruh Tetap
3. Berlakukan 8 jam kerja, Hapus Sistem Perfomanse dan Bayarkan upah lembur
4. Bayarkan Iuran BPJS Crew AMT Agar Tidak Ditolak Rumah Sakit
5. Bayarkan Pesangon dan Upah Proses Pensiunan ke Semua Crew AMT, CS dan Petugas Krani
6. Berikan Hak Cuti Tahunan ke seluruh Crew AMT
7. Bayarkan Seluruh Biaya Kecelakaan Yang Ditanggung Crew AMT

Selain persoalan pekerja, Long March Zombie Bandung-Jakarta juga tanakan mengangkat persoalan-persoalan yang diabaikan negara terkait penangangan BUMN, antara lain: Korupsi di BUMN, Peryerobotan lahan Petani yang dilakukan BUMN, Perusakan lingkungan yang dilakukan BUMN, Pelayanan publik yang tidak memadai oleh BUMN dan lain sebagainya.

Perjuangan kawan-kawan Awak Mobil Tangki yang bergabung di FBTPI – KPBI untuk mendapatkan kepastian kerja dan kesejahteraan dalam bentuk Long March Bandung – Jakarta sebagai symbol kematian hukum di Negara ini. Negara menutup mata terhadap persoalan yang di hadapi oleh kawan-kawan AMT padahal buruh-buruh yang bekerja sampai puluhan tahun telah mengabdikan diri kepada Negara dan sudah memberikan keuntungan besar terhadap PT. Pertamina.

Persoalan ini harusnya disikapi bersama, tidak hanya element buruh, tetapi juga nelayan, petani dan mahasiswa. Oleh karenanya kami dari Tim Redaksi Emperan Kampus menyatakan dukungan dan turut bersolidaritas kepada kawan-kawan Awak Mobil Tangki AMT yang berafiliasi ke FBTPI – KPBI.

Isti Rukhmana
Pemimpin Redaksi

Berkomentarlah dengan tidak mengandung unsur SARA, menyinggung kelompok gender tertentu apalagi klub sepak bola, please jangan lakukan itu.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan tidak mengandung unsur SARA, menyinggung kelompok gender tertentu apalagi klub sepak bola, please jangan lakukan itu.

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama